Rabu, 14 Maret 2018

DESA KUDU,YO KUDU ISO

proses pembuatan tas
KERTOSONO, di Era modern sekarang ini berbagai style berpakaian dan pendukung kehidupan yang semakin kompleks dan  nyeleneh sehingga dibutuhkan keterampilan dan produktivitas agar bisa survive menghadapi dinamika kehidupan. Kegiatan pelatihan yang dilakukan di Desa Kudu adalah pelatihan mengayam, menjadi pilihan dalam Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM).Tradisi menganyam boleh dikata telah mendarah daging bagi masyarakat Indonesia.Menganyam  merupakanntradisi turun temurun, dam hampir semua peralatan kehidupan di Indonesia mengunakan anyaman baik itu yang terbuat dari rotan, daun pandan maupun tali plastik (clam).
Dalam rangka mengembangkan kemampuan dan keterampilan masyarakat, Desa Kudu Kecamatan Kertosono melakukan pelatihan keterampilan anyaman tas yang sering disebut Anting oleh masyarakat Kertosono. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 15-16 Oktober 2017.
Pelatihan itu bersumber dari dana Pelatihan Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) dengan harapan bahwa peserta (Masyarakat Kudu) dapat dikembangkan dan dapat merubah kehidupan masyarakat Kudu , selain itu penggunaan Tali Clam sebagai bahan baku dari pembuatan tas tersebut adalah bahan bekas pembukus barang pabrik, Berikut adalah Gambaran Pelatihan dan Hasil Pelatihan:
Tas anayamn terbuat 
Kepala Desa Kudu Supiyanto sangat mendukung kegiatan pemberdayaan bagi warga miskin untuk meningktakan kesejahteraan warga Desa Kudu, begitu juga dengan Ibu KadesTrian Sukesih sangat senang dan antusias mendorong dan memotivasi warganya untuk berkreasi dan semakin terampil. karena dengan kreatifitas dan terampil itu akan menjadi bekal dalam mengarungi kehidupan yang semakin kompetitif
bule tanpa canngung menggunakan tas anyaman
Tas anyaman (Anting) sederhana ini beberapa waktu lalu sempat menjadi berita viral di jejaring sosial bagai mana seorang turis berbelanja disalah satu cafe dengan membawa tas dari anyaman (Anting), kita harusnya bertanya seorang Bule yang notabanenya bukan orang indonesia tanpa merasa malu menggunakan Tas Anyaman (Anting) tersebut, Bagaimana dengan Masyarakat kita?