Senin, 19 Maret 2018

MENGGULUNG KEKUMUHAN LEWAT EGG ROLL


Kekumuhan identik dengan kemiskinan. Kemiskinan merupakan ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dasar setidaknya dalam hidup layak. Untuk menanggulangi masalah kemiskinan tersebut, beberapa warga yang tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Pengembangan Penghidupan Berbasis Masyarakat (P2BM) Kelurahan Ganungkidul bersepakat untuk melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan nilai ekonomi yaitu berupa pembuatan egg roll. Kegiatan ini terfasilitasi oleh LKM Ekonomi Sejahtera lewat Pengembangan Kapasitas Masyarakat tahun Anggaran 2017 Pelatihan Keterampilan dari Program KOTAKU. Pelatihan keterampilan yang dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2017 memicu semangat peserta untuk ikut serta, terbukti dari undangan untuk 15 orang, mereka hadir semua dengan mayoritas perempuan 13 orang dan 2 laki-laki.

Tidak sekadar pada pelatihan tersebut kegiatan itu selesai, namun kelompok yang mengatasnamakan KSM P2BM “Kharisma” tersebut menindaklanjutinya dengan memproduksi Egg Roll walaupun dilakukan minimal sekali dalam sebulan pada tanggal 15. Pembuatan adonan egg roll yang sederhana dan dengan cara menggulung ini memberi tambahan ekonomi bagi ibu-ibu yang tergabung dalam kegiatan P2BM ini. Ternyata kegiatan tersebut membawa hasil yang menguntungkan, terbukti banyaknya pesanan egg roll baik dari sekitaran Kabupaten Nganjuk sendiri bahkan sampai ke luar Kabupaten Nganjuk.

KSM “Kharisma” ini tetap antusias pada konsep yang diberikan dalam P2BM dari Program KOTAKU dengan menerapkan “Panca Sutra”, antara lain pertemuan rutin, tabungan, pinjaman, pencatataan dan pengembalian pinjaman. Pertemuan rutin yang telah terjadwal, kesepakatan mengenai tabungan walaupun diawali dengan nominal Rp. 2.000,00 per bulan dan pencatatan telah dilakukan oleh KSM P2BM “Kharisma” ini. Diharapkan KSM P2BM “Kharisma” ini dapat menerapkan keselurahan kegiatan “Panca Sutra”, ucap Ibu Ana selaku Unit Pengelola Sosial (UPS) dalam Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Ekonomi Sejahtera. Penambahan harapan lewat gurauan Pak Jumadi selaku Fasilitator Ekonomi Tim Jatim 1-12 KOTAKU Kabupaten Nganjuk yaitu kegiatan P2BM ini tak hanya sekedar dapat menggulung egg roll , namun juga dapat “menggulung” kekumuhan lewat usaha bersama ini. Semoga muncul KSM P2BM lainnya dengan berbagai bentuk kegiatan usaha, sehingga kemiskinan dapat teratasi.[]