Rabu, 25 April 2018

PESONA DESA DRENGES


KERTOSONO, Jika kita berbicara wanita, maka spontan adrenalin kita berkelana  tentang keindahan.  Wanita dan keindahan seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling bertaut dan saling mengisi.  Wanita dan aksesoris,  menjadi fakta dalam kehidupan kita. Salah satunya adalah terkait dengan Tas, sepatu, cincin, dompet dan setumpuk aksesoris  lainnya yang mendukung akan keindahan. seorang wanita bisa saja memilki tiga sampai lima dompet dan Tas, terkadang disetiap acara dalam satu hari pun bisa berganti-ganti tas . bisa dikatakan kebutuhan tas dan dompet menjadi kebutuhan pokok bagi seorang wanita dalam kehidupan sosial.
Dari kebutuhan tersebut  itulah, pada tahun awal berdirinya program pemberdayaan masyarakat PNPM –Mandiri Perkotaan (sekarang KOTAKU) mengadakan pelatihan menjahit Tas/dompet yang di mana pesertanya ibu-ibu yang kini sudah menjadi pejahit-penjahit handal yang memiliki keterampilan untuk membuat dan memperbaiki tas atau dompet yang rusak.
Pada tanggal 11 April 2018 para peserta pelatihan berkumpul lagi untuk membentuk KSM yang di namakan MAHKOTA  yang menjadi tujuan dari kelompok ini menjadikan anggota kelompok agar ber-Mahkota bagaikan sang ratu, yang menjadi penguasa pembutan tas dan dompet, khususnya di kecamatan kertosono bahkan di luar kertosono.

Adapun kesepakatan terbentuknya kelompok MAHKOTA adalah diadakakanya pertemuan rutin satubulan sekali yang menjadi bagian dari panca sutra karena pertemuan rutin adalah hal yang paling penting dalam sebuah kelompok , dalam pertemuan tersebut banyak permasalahan yang dibahas dan dicarikan solusinya
selain itu untuk mejalankan keberlanjutan kelompok ini akan diadakan pelatihan lanjutan agar hasil dari kelompok yang akan dipasarkan lebih baik lagi.
Kesungguhan KSM MAHKOTA dalam pertemuan awal sudah sangat terlihat semangat untuk berkelompok.  MAHKOTA  menjadi simbol dari keagugan, kemahasempurnaan dari berbagai sudut pandang. Semoga KSM MAHKOTA menjadi pemantik dalam menumbuhkan spirit dalam meraih kebahagiaan hidup dan kehidupan masyarakat Desa Drenges