Selasa, 22 Mei 2018

Persiapan Pencairan BDI 2018, Satker-PPK Kotaku Mengundang Lurah Dan Camat

NGANJUK, Rapat yang difasilitasi pihak Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PRKPP) Kabupaten Nganjuk terkait sosialisasi Bantuan Dana Investasi (BDI) Tahun Anggaran 2018  dilaksanakan pada hari Selasa (22/5/18 bertempat di Aula Perkim. Pesesta yang terlibat meliputi,  Camat, Kepala Kelurahan, Koordinator/ PK LKM & Fasilitator Kelurahan.  Acara sosialisasi yang dimulai pukul 09.00 wib dibuka oleh Bapak Pardi  selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja Pembangunan  Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Nganjuk. 
Dalam hal ini beliau menyampaikan terkait sosialisasi Bantuan Dana Investasi (BDI) Tahun Anggaran 2018. Dalam kesempatan itu disampaikan pula DIPA T.A. 2018 untuk kegiatan Bantuan Dana Investasi mencapai 1 M, dengan peruntukan untuk enam Kelurahan di Kabupaten Nganjuk. Lokasi dan alokasi BDI 2018 antara lain :
1.      Kelurahan Banaran, Kecamatan Kertosono : 150 juta
2.      Kelurahan Werungotok, Kecamatan Nganjuk : 150 juta
3.      Kelurahan Ganungkidul, Kecamatan Nganjuk : 250 juta
4.      Kelurahan Payaman, Kecamatan Nganjuk : 150 juta
5.      Kelurahan Kartoharjo, Kecamatan Nganjuk : 150 juta
6.      Kelurahan Kedondong, Kecamatan Bagor : 150 juta
Tentu dana 1 M yang tersebar di lokasi SK kumuh sangat tidak cukup untuk mengurangi luasan kumuh 48.38 ha, oleh karena itu, dana kolaborasi menjadi solusi agar 0 ha kumuh bisa terwujud. Kegiatan pembangunan yang didanai oleh APBD harus menyasar di lokasi kumuh
Disampaikan pula setelah adanya pencairan dana di rekening LKM (Lembaga Keswadayaan Masyarakat) diminta untuk merencanakan kegiatan sosialisasi BDI T.A. 2018 di tiap-tiap Kelurahan yang mendapatkan dana BDI dengan melibatkan Pihak Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Nganjuk dan Pihak Fasilitator Program KOTAKU.
Acara selanjutnya adalah sambutan dan pengarahan dari Bapak. Hernowo selaku Kepala Satker PKP Kabupaten Nganjuk. Dalam pengarahan beliau diminta segera dilaksanakan kegiatan terkait BDI T.A. 2018 karena DIPA sudah tersedia. Diharapkan ada progres dalam minggu ini, setidaknya proposal dan DED kegiatan infrastruktur terkait BDI T.A. 2018 dapat masuk di tingkatan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Nganjuk untuk diverifikasi.

Berkali-kali beliau mengingatkan bahwasanya komunikasi harus tetap dilakukan disetiap kegiatan agar kegiatan tidak ada kendala. Dilanjutkan pemaparan oleh Bapak. Abdus Salam selaku Askot  Mandiri Program KOTAKU. Dalam paparannya, disampaikan rencana kegiatan infrastruktur yang dilakukan terkait BDI T.A. 2018 disetiap kelurahan yang mendapatkan BDI T.A. 2018. Kegiatan tersebut sebagai mandate dari SK bupati dan terkait SK kumuh agar tahun 2019 program 100-0-100 bisa tercapai Hal terakhir yang disampaikan Bpk. Pardi sebelum penutupan acara sosialisasi Bantuan Dana Investasi (BDI) Tahun Anggaran 2018 adalah rencana penganggaran untuk tiap kelurahan terkait pendanaan MUSREN tiap tahun, bukan hanya desa saja yang mendapatkan dana yang mencapai 1 M tiap desa. Hal ini dilakukan untuk menunjang pembangunan baik di desa maupun kelurahan.