Header Ads

test

Dinas Lingkungan Hidup Kolaborasi Nyata dengan KOTAKU

Tak hanya  seuntai kata, “kolaborasi harga mati”.  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk dan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) membuktikan dengan fakta, bahwa menuntaskan persoalan kumuh harus bergandengan secara bersama-sama.
Realisai kegiatan kolaborasi di Program Kota Tanpa Kumuh  (KOTAKU) terus dilakukan secara bertahap. Saat ini, Program kolaborasi Program KOTAKU adalah dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Nganjuk. Kegiatan kolaborasi yang dilakukan antara Program KOTAKU dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk menghasilkan fasilitas Tong sampah sebanyak  45 unit yang ditempatkan dienam kelurahan Bantuan Dana Investasi  (BDI)  2018 Program KOTAKU. Kelurahan yang mendapatkan Tong sampah  antara lain, Banaran (Kec. Kertosono), Werungotok, Ganungkidul, Payaman, Kartoharjo, dan Kedondong (Kecamatan Bagor). Bantuan tong sampah tersebut bersumber dari dana APBD. 

Penyerahan bantuan Tong sampah dilakukan pada hari Rabu,tanggal 13 Desember 2018, Pukul 9.00 -12.00 WIB bertempat di Balai Kelurahan Ganungkidul. Acara serah terima tersebut dihadiri oleh perwakilan PK LKM (Pimpinan Kolektif Lembaga Keswadayaan Masyarakat) wilayah BDI 2018, KSM BDI 2018, beberapa Kepala Kelurahan, fasilitator KOTAKU, Askot CD Mandiri Kabupaten Nganjuk dan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup beserta sfafnya. Serah terima tong sampah langsung diberikan secara simbolis dari dinas kepada 6 (enam) KSM BDI 2018 selaku penerima sarana tersebut guna memfasilitasi kebutuhan masyarakat terhadap tempat pembuangan sampah.

Disampaikan pula dalam acara serah terima oleh Abdus Salam selaku  Askot Mandiri dan Bapak Nursolekhan sebagai Kepala Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk bahwa tak hanya memfasilitasi sarana dan prasarana dalam menangani kekumuhan tetapi juga merubah pola pikir masyarakat terhadap sampah. “Sampah jangan dipandang sebagai masalah tapi berkah”, itu yang disampaikan juga oleh Bapak Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk. Pengelolaan sampah yang bernilai rupiah dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan dalam kolaborasi berbagai program. 
Diharapkan dengan penyediaan tong sampah dari dinas tekait dapat membantu setidaknya mengurangi kekumuhan pada masing-masing wilayah. Selain itu tak hanya menampung sampah tapi pengelolaan sampah terhadap sampah dapat dilakukan masyarakat.  Tak hanya pengelolaan sampah tetapi pemeliharaan terkait tong sampah itu sendiri, pinta Bapak Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk.
Target 0 %  kumuh pada tahun 2019 dalam Program KOTAKU tidak akan terealisasi tanpa dukungan kolaborasi dari berbagai pihak. Diperlukan juga perencanaan, pelaksanaan dan keberlanjutan dalam penanganan satu masalah kekumuhan untuk mencapai penuntasan kumuh[]

Penulis adalah Fasilitator Sosial Tim Peningkatan /1.12 Kec. Nganjuk