BERITA COVID JATIREJO


LKM BINA SEJAHTERA PEDULI TERDAMPAK COVID – 19

    Mendengar Covid-19 bagaikan mendengar badai yang dahsyat menghatam, tiada sangka negeri ini ikut merasakan wabah yang membuat semua orang ngeri tidak terkecuali LKM Bina Sejahtera Kelurahan Jatirejo. Covid-19 seakan melumpuhkan segala aktivitas di berbagai sektor terutama perekonomian yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Seiring wabah Covid-19 yang semakin meluas banyak kelompok peduli masyarakat yang tergerak hati nuraninya untuk membantu warga masyarakt terdampak . Begitu juga LKM Bina Sejahtera Kelurahan Jatirejo, dengan sigap segera mengadakan pertemuan pada tanggal 10 April 2020 dan memutuskan untuk memanfaatkan sebagian alokasi jasa UPK untuk kegiatan sosial (bantuan sembako).


Rounded Rectangle: Packing sembako     LKM berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan dan mendapat dukungan untuk segera merealisasikan kegiatan tersebut.  Bantuan sembako tersebut akan diberikan pada 50 anggota KSM pinjaman bergulir  terdampak Covid-19 yang direncanakan di realisasi pada tanggal 18 Mei 2020. Adapun alokasi kegiatan bantuan sembako direncanakan sebesar Rp. 5.200.000,- (terdiri Rp. 5.000.000,- dari alokasi jasa Sosial dan Rp. 200.000,- dari swadaya masyarakat). Paket bantuan sembako terdiri dari beras, minyak goreng, teh,  mi instant, gula, sabun mandi, dan sunlight. Hal ini dilakukan sebagai bentuk nyata kepedulian LKM terhadap KSM terdampak Covid-19 yang sedang mewabah. Pada acara realisasi, dalam sambutannya Ibu Rofik Nurhayati selaku koordinator LKM Bina Sejahtera menyampaikan bila Covid-19 tidak segera berakhir akan melakukan kegiatan tahap 2 guna meringankan masyarakat terdampak Covid-19 di kelurahan Jatirejo. LKM sangat mengharap dukungan dan bantuan masyarakat peduli lain bersama pemerintah kelurahan untuk membantu warga yang kurang mampu. Dalam acara pemberian bantuan sembako di kelurahan Jatirejo selain penerima manfaat juga hadir, babinkamtibmas, LKM, Kepala Kelurahan dan Askot Mandiri Nganjuk yang dalam sambutannya menyampaikan mari bersama-sama peduli terdampak Covid-19 dan peduli dalam penyelesaian kekumuhan di Kelurahan Jatirejo. Bapak Malik selanjutnya  juga menyampaikan siap berjuang bersama untuk mengusahakan adanya dana kolaborasi masuk ke kelurahan Jatirejo agar kekumuhan bisa terselesaikan.



      Bapak Wisnu Prawoko selaku kepala kelurahan Jatirejo memberi apresiasi yang tinggi pada LKM dan Program Kotaku yang telah berperan aktif dalam peduli Covid-19 di kelurahan Jatirejo. Kegiatan ini telah meringankan beban pemerintah kelurahan dalam peduli terdampak Covid-19 bagi masyarakat miskin terdampak, dan mengharap LKM terus berjuang bersama dengan pemerintah kelurahan dalam membangun segala aspek yang berkaitan dengan peningkatan kualitas infrastruktur permukiman, kegiatan sosial  dan perkembangan perekonomian kelurahan. Tanpa Kolaborasi dengan berbagai pihak (Pemerintah kelurahan tokoh masyrakat, Lembaga di kelurahan dan semua lapisan masyrakat maka cita-cita dalam mensejahterakan masyarakat Jatirejo akan terhambat). Untuk itu Bpk. Wisnu juga berharap pada Program Kotaku agar terus memperjuangkan ke berbagai pihak terkait khususnya pemerintah daerah agar lebih peduli dan mengalokasi dan pebangunan infrastruktur dalam peningkatan kualitas permukiman di Jatirejo. Maju terus bersama permerintah Jatirejo bersama LKM Bina Sejahtera dan masyarakat. Sepi ing pamrih rame ing gawe. (Kuwat, S.Pd _ Kotaku Nganjuk)